Friday, February 15, 2008

Ketitipan Salam

Saya ketitipan salam dari penjual buah kering ini. Namanya Rahmat (berdiri di kanan) dari suku Uyghur asli propinsi Xinjiang yang hampir rata-rata beragama Islam. Waktu itu saya sedang hunting foto bersama Abang di Stasiun Dalian. Dia kira-kira bertanya kita berasal dari mana, saya jawab dari Indonesia. Dia bertanya apakah kita Muslim, dan kita jawab YA.

Dalam bahasa campur dan isyarat yang saya mengerti cuma kata "Indonesia", "Muslim", dan "Kamera", saya akhirnya menyimpulkan bahwa dia ingin difoto dan minta kami memperlihatkan fotonya ke saudara dan kawan-kawan di Indonesia. Sepertinya dia ingin kita tau seperti apa wajah saudara seiman di belahan dunia lain.

Waktu kami beranjak pergi dari sana dan melambaikan tangan, dia berteriak gembira, "Assalamualaykum!!"

Sekarang saya sampaikan salamnya. Lunas hutang saya