Friday, September 22, 2006

For the first time in my life..

I want to be beautiful.

Selama 33 tahun hidup, baru kali ini aku merasa ingin cantik.
Mungkin pada saat aku menikah juga aku merasakan hal itu, tapi tidak sekuat kali ini.

Aku selalu memiliki berat badan berlebih sejak kecil. Tidak gemuk, tapi juga jauh dari kurus.
Sampai aku memiliki anak pertama, aku tidak pernah merasa terganggu dengan berat badanku.
Tetapi setelah hamil dan melahirkan, perawakanku yang tadinya tinggi besar, berubah menjadi tinggi besar sekali.
Aku mulai merasa terganggu.

Selama belasan tahun aku mengalami pasang surut berat badan beberapa kali. Turun 25 kg, naik 27 kg, turun 15 kg, kemudian naik 20 kg. Selalu begitu.
Sebelum hamil anak bungsuku, beratku sempat turun 25 kg, tapi 2 bulan setelah aku mencapai berat yang aku inginkan, aku hamil.
Pasrah.

Setelah anak bungsuku lahir, sampai sekarang aku hanya berhasil menurunkan 10 kg.
Sisanya masih kubawa sampai sekarang di sekitar pinggang dan perutku dan menolak untuk pergi.

Aku masih merasa kesal dan kecewa, karena aku memang tidak banyak makan, juga tidak banyak mengudap makanan kecil. Porsi makanku jauh lebih kecil dibandingkan porsi makan teman-temanku dan bahkan jauh dibanding suamiku.
Tidak sekali dua teman-teman yang dekat denganku berkomentar, "Kenapa ya elo gak kurus-kurus?" "Makan loe dikit banget." "Diet?"
Aku bukan berdiet. Ini lah yang aku mampu makan sehari-hari.
Terakhir aku membeli 4 buah donat keju kesukaanku dan aku baru bisa menghabiskan semuanya di hari ke 3. Itu pun aku paksa karena besoknya pasti sudah basi.

Aku tak tahu lagi harus dengan cara apa aku menurunkan berat badan.

Well, aku tahu sih, dengan olah raga. Tapi kemewahan itu tidak bisa aku dapatkan.
Aku punya anak-anak untuk diurus, aku punya tugas rumah tangga yang segudang.
Jalan pagi? Kapan waktunya?
Jalan malam? Apa dapat ijin suamiku?

Aku merasa jalanku buntu.

Dan tidak menolong waktu hari ini anak perempuanku berkata, "Mak, tadi Kakak ketemu dengan Tante Nina." "Tante Nina cantik sekali ya, Mak?"
Nina adalah temanku, bertolak belakang betul dengan aku. Dia tinggi, langsing, feminin, dan rambutnya panjang terurai membingkai wajahnya yang manis dan tulang pipinya yang tinggi.

Aku cemburu.

Aku cemburu karena anakku mengagumi perempuan lain yang bukan aku.
Kutanyakan padanya, "Memang Umak gak cantik ya, Kak?"
Anakku memandangku serba salah.
"Yaaah, cantik siiihh.."

Aku tahu dia tidak sepenuhnya jujur. Entah berapa kali kudengan protesnya waktu kami jalan-jalan ke Mall dan aku berdandan seperti biasa, T Shirt dan Jeans.
"Mak, why do you have to be so tomboyish?" "I wish you are girly."
Atau di lain waktu saat kami masih di Singapore, "Mak, my friends said you are fatty boom boom." "I hate them when they said that."

Dan aku merasa bersalah kali ini. Aku merasa bersalah karena tidak mampu membuat anakku bangga mempunyai Ibu seperti aku.

Dan untuk pertama kalinya juga dalam hidupku, aku ingin cantik.
Untuk anakku.

10 Comments:

Anonymous Anonymous njeplak...

Mbak Melaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....

Mbak MEla itu cantik..hatinya!
Gak perlu berkorban untuk jadi kurus kalo nanti malah nyusahin dirimu, mbak.
Nanti malah nambah sakit (maag, kyak gw) jadi menurun stamina (kayak gw)...

Tapi kalo elo bertekat bulat, insyaallah, apapun itu apalagi dengan segenap cintamu, pasti tercapai mbak!

Selamat menunaikan ibadah puasa, yaa!

Miss you!

10:50 PM  
Blogger coba-coba njeplak...

setujuuu sama mba benecdita...
mela itu udah cantikk.. pintar, baik dan syuka bagi2 uang gegegege
syapa coba yang gag kenal mela di singapore.. ayoo siapa??
berarti gag gaul tuuuh hihihihiy

plus, mela itu asli posesif.. bangedd dan terbukti... !!

kangen ma mela... baik2 di batam ya mel...
buruan balik lagi ke sg.. biar rame niiiy!!! errrrg..
cuman kamyuuuu yang bisa bikin gw ngikik sekaligus nangis malem2..gara2 baca blog...
aaaah catet yaaa saya ini fans kamu... walaupun kamu mengaku gag cantik... tapi kamu tetap "cantik" bagi saya..

salam kangen selaluuuu....
-g-

2:23 AM  
Blogger Amey njeplak...

Mel..lu tau Millelia itu? yang serbuk sayuran organic..waktu mula2 gue minum itu..lumayan loh perut jadi kenyang..seharian gue gak makan apa2 selaen minum itu ama makan buah.selama 3 hari abis itu baru makan nasi dikit2..

waktu minum itu berat gue turun banyak.tapi skrg gue uda gak minum lagi..jadi gak turun2 lagi :))

1:25 PM  
Blogger cika njeplak...

cantik bukan berarti kurus kan? :)

1:56 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

Ck ck ck..... Fira, temen2mu itu emang gak sopan, gak sopan, gak sopan. Hehehhe....

Sini biar tante tatar dulu.

--tante penatar bukan pat benatar--

11:14 PM  
Blogger Ibeth njeplak...

Setuju.... cantik gak mesti kurus, tapi (sigh, let's face the truth) orang dengan badan proporsional harusnya akan kelihatan lebih menarik. Tapi yang paling penting, asumsi gw... harusnya, tambah sedikit lemak yang kita punya, tambah sehatlah kita.... Jadi, gendut belom tentu jelek Mel... tapi elu pasti mao sehat kan?? Ayo ramai2 kita bagi2 handphone dan pager di pinggang ini :-p

10:22 AM  
Blogger nuuul njeplak...

teh, klu cantik nya nunggu kurus dulu sih ya gak sampe2 dong. tapi setuju dengan fira. untuk baju atasan, coba kurangi pake kaos t-shirt nya. ganti bahan yg lain, jangan kaos lagi. tapi cari model yg simpel.

9:26 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

euleuh Nong..... anak anak comment nyah meuni Jero, tapi namanya juga anak anak :) belon ngerti Inner beauty. Gue belon pernah kopdar ama eloe Nong, tapinyah gue dah suka banget ama eloe...seperti misa bilang, elo tuh cantik hatinya....suer deh....disamber geledeg :)

Di ditu seusah ngenet kitu? di dieu usum pareum listrik!

11:03 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

Hai Mbak Mel, salam kenal ya...
Baca tulisan Mbak Mel, aku jadi keingetan anak perempuanku yang sekarang baru 4 tahun. Skarang ini kalo aku anter ke sekolah, cuman boleh ampe depan pager aja, ga boleh ampe masuk. Katanya malu. Mungkin karena Ibunya gendut dan ga suka dandan kayak Ibu2 temen2nya ya...

4:05 PM  
Blogger mel@ njeplak...

mbak mela... beutiful is pain... :D
tapi... cantik ga mesti dilihat dari fisik atuh mbak... yakin deh... anak-anak mbak mela tetep seneng juga kok punya ibu kayak mbak...

12:40 PM  

Post a Comment

<< Home