Tuesday, December 28, 2004

ONCOM


2 hari yang lalu, salah satu teman baik gue yang baru pulang dari Bandung, Aulia (not THAT Aulia, this is the NICE one) ngirim SMS ke gue : "Mel, gue bawain oncom sedikit buat elo, ntar gue anterin ke rumah ya." Gue tercenung. Baik banget inget bawain gue oncom. Sudah bertahun2 yang lalu gue makan oncom, gak inget tepatnya kapan, tapi yang pasti sudah 1 tahun gue gak balik ke Bandung.

Waktu gue buka bungkusan Oncom tersebut..mata gue berkaca2..
Rindu tanah air, rindu kota kelahiran, rindu nenek dan semua saudara, seperti menyerbu begitu aromanya sampai di hidung gue.
Gue..kangen..berat...

Fira menengok ke arah gue lalu terkejut bertanya, " Mak? Umak nangis???"
Ditanya begitu, bukannya cepat2 gue usap air mata gue, malah gue nangis tambah keras.

Rindu sekali...Ingin sekali kembali ke pelukan nenek gue yang sudah berumur hampir 80 tahun di Bandung sana.
I miss her..terribly..
I miss my mom..my dad..
I miss my aunties
my uncles..my cousins
and....my brother :(

Gue gak berhenti menangis, even waktu gue goreng oncom tersebut untuk jadi makan malam gue, di suapan pertama..gue berkaca2 lagi...

Strange eh?
Suatu impact yang luar biasa yang dihasilkan oleh sepotong oncom.

Gue ingin pulang.
:(

PS : Ma..pulang yuk..ngumpul lagi :(
(ngimpi aja dulu kali yaaa)

*Thanks to Aulia untuk membawa a piece of Bandung to me...

13 Comments:

Blogger Mel njeplak...

Simple question. You always said you miss your Mom and your 'cute' son. But you never say you miss me ;)
Is that because everytime you miss me all you have to do is hug yourself? We have so much (millions) in common after all :P

7:11 AM  
Blogger Wisa njeplak...

ini dia yg aku takutkan kalau tinggal di negri sebrang.. aku ini termasuk gampang makan.. tapi harus makan yg tradisional, yg kampung! gak kebayang tinggal di luar harus makan yg serba gurih. untung kamu masih di singapore Mel.. masih banyak makanan yg serumpun dg makanan kita.. tempe ada gak sih di sana?

8:49 AM  
Blogger Mel njeplak...

Yup. Bener banget Wisa..
Gue juga pemakan apa saja (orang juga kadang2) tapi tetep aja ada waktu2 tertentu gue mau makanan kampung.
Steak, Pasta , Pizza, Potato Gratin..memang enak kalau sekali2, tapi tidak setiap hari.

Di sini tempe ada, tapi tidak seenak Tempe kita. Maklum yang bikin orang2 Jawa yang sudah lama tidak melihat kampungnya, sudah tercabut dari akarnya dan masih berpikir kalau di Indonesia hidup sebulan cukup dengan Rp.200.000 saja.

Malah Mama di NY dan Philadelphia bisa menikmati makanan Indonesia yang lebih asli, karena konsentrasi orang Indonesia (ASLI) di sana masih lebih banyak dari Singapore.
Tetangga apartemen Mama malah bikin Tempe dan bisa punya untung ratusan dollar sebulan hanya dari hobbynya itu.

Di Singapore justru karena serumpun, jadi banyak sekali makanan Indonesia yang diadaptasi oleh orang sini. Kecampuran budaya India Muslim, jadi saja masakan yang 'katanya' masakan Indonesia menjadi beraroma jamu, karena banyak rempah2nya. :P

Tapi yah..itulah yang paling dekat bisa kita makan di sini. Lama2 lidah kita juga cukup terbiasa.
Kalau mertua gue disuruh makan di sini cuma sanggup muter2 makanannya di piring.

" Mak? Kenapa gak dimakan?"
"Apo dio barang setewo ini nak dimakan cak nak temuntah. Idak dimakan hargonyo $2. Mubazir. "

Hahahaha

9:12 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

rio says:

duh dear mel, kebayang deh... gue gak pernah lama tinggal di luar jadi belom pernah ngerasain tapi bisa banget ngerasain.

temen gue, kenny, baru balik setahun sekolah di italia. di jakarta, dia biasa aja sama pempek, tapi di sana, dia ngeces berat pengen pempek, dan pas balik tiap nonton jiffest di tim pesennya pempek melulu sampe gue yang bosen:D.

9:35 AM  
Blogger Mel njeplak...

hahaha salam buat Kenny yah. Sama2 suka ngeces gara2 Pempek :P
Gue biasa bikin sendiri Pempek, kalau lagi kangen berat.
Kalau lagi males, gue punya temen orang Palembang, namanya Wulan, suka bikin Pempek dan dijual. Mesen $30 udah bisa makan ampe kenyaaaang :)

Di Singapore sekarang, 2 tahun terakhir, gue banyak teman. Jadinya kita suka ngumpul dan bawa makanan dari rumah masing2, homemade. Indonesian Food of course. Lumayan deh jadi gak pedih2 amat :)

Oya, di sini juga sudah ada 5 cabang Es Teler 77 :)
Mudah2an tambah banyak Resto yang bikin franchise di sini.

9:56 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

teh..

mau dong pempek.. huuhuuu

irasakawpempek

11:12 AM  
Blogger ben njeplak...

Hiks... !
begini ya nasib tinggal di negri orang ?
belum pernah ngerasain sih............

12:19 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

Ira : Hahahha tunggu tanggal mainnya ya Ra!

Ben : Saran gue mah..kalau elo masih punya kerjaan ok di Indonesia, jangan kerja di luar. Hehehehe

3:05 PM  
Blogger Mel njeplak...

eh yg di atas barusan itu gue lho?! anonymous lagi :P

3:15 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

sorry bosz, tempe yang /me biasa beli di Pasar Geylang Serai (yang bungkus nya pakai daun jati) relatif lebih enak dari mayoritas Tempe yg ada di Jakarta. Setara dengan tempe dari /me kampung.

4:34 PM  
Blogger Mel njeplak...

Geylang Serai. Jauh! :P

4:48 PM  
Blogger lucKy njeplak...

Salam kenal.. baru liat blognya udah mo kasih komen aja nih.. :) next week gw nginep sminggu di Singapore dgn Suami. Tiap tahun saya ke sana tapi paling lama juga 3 hari.

Seminggu di sana meskipun makan nasi padang atau makanan halal lainnya (biasanya india gitu deh) tetap aja gue pengen banget makan masakan nyokab, nasi goreng kampung yang tiap hari lewat depan rumah kayaknya lebih ok di banding nasi goreng di sana. :)

Padahal gw cuman seminggu.. mungkin kalo 1 th gw bisa jadi kurus gak nafsu makan (I wish...) :D hehehe

salam kenal yah!

3:07 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

Ari urang Sunda mah, ngan ku oncom we hoyong ceurik ngadingdiut.
Mey honey...iyeu teteh niknik...baru aja ngintip ini blog. Biar gimana "mother tongue" susah dirobihna, dahsyat pisan! It's 1 year ago already...hayu atuh arrange family holiday to Jkt & Bdg. FY&T will wait for you hon...unpatiently...

2:02 AM  

Post a Comment

<< Home