Monday, December 20, 2004

Pay It Forward!

Pernah denger istilah ini?
Kalau gak pernah denger berarti elo agak sedikit kuraaaaaang gaul.

Gue, sumpah bener..ngejalanin prinsip ini dalam hidup gue dengan religiously. Pokoknya gue selalu berpikir a good deed yang gue kerjain pasti bakal ngundang orang buat berbuat baik ke gue, in return. Bagusnya lagi kalau dia forward kebaikan itu ke orang lain.

Sekali lagi gue yang sok bijak ini suka salah.
Dalam hidup tidak ada 1+1=2. Well..tidak selalu.

Gue gak bilang kalau gue selalu 100% bener (infact seringan gue tuh ngasal) , tapi gue tuh selalu usahakan to go extra mile buat siapapun.
Mungkin sebagai usaha untuk menyeimbangkan dosa karena gue tidak rajin beribadah?
It might.
Karena gue tau gue kurang dari segi ibadah, gue usahain sementara gue work on it (menuju ke rajin beribadah) gue do good thing dulu deh.

Tapi ternyata di Singapore, doing a good thing lebih sulit daripada di Indonesia.
Kalau di Indonesia kita bisa lihat orang itu kelihatan grateful kalau kita doing good for them, di Singapore efeknya sering gak sama.

Pertama kali gue tinggal di sini, mulai day 1 gue keluar apartement, gue pake senjata gue nomer 1 untuk mengenal orang : Senyum. Katanya senyum kan ibadah juga ya?
Senyum sana, senyum sini, kok gak ada yang bales ya?
Perasaan gigi kering, smile sana sini like a clam.
Lebih kasian lagi, gue coba negurin tetangga2 yang kelihatannya Melayu (berjilbab) dengan salam (Assalamu'alaikum) gak dijawab juga.
Weh? Ada yang gak bener ini.
Saking penasarannya, gue sampai nanya kanan kiri apakah orang melayu tidak semuanya Muslim. Ternyata 99.9% muslim. Tapi kok...?
Ah forget it.

Gue masih belum kapok. Pas Fira masuk Nursery , gue coba ngobrol dengan beberapa orangtua murid. Ternyata mereka sama sekali gak welcome. Mungkin karena banyak di antara mereka gak bagus bahasa Inggrisnya, atau cuma sekedar gak comfortable menggunakan bahasa lain selain bahasa ibunya (Mandarin, Tamil, atau Melayu).
Sementara gue ya cuma bisa bahasa Inggris. Kecuali kalau dengan suatu keajaiban mereka bisa ngomong basa sunda. Gue ladenin deh :P

Saking ngenesnya, mungkin suatu waktu gue kelihatan banget overkeen buat make a conversation, salah satu di antara mereka ada yang nanya, di tengah2 'percakapan' kami.

"You want to sell something, ah?"

@#$%$#@!@ *speechless*

Jelas apa jawabannya mengapa mereka kelihatan gak welcome saban gue bikin pendekatan. Buat yang Chinese dan Indian, gue dikira mau jual polis asuransi atau semacamnya. Buat yang Melayu..hehehe kalau gue ngasih salam dikiranya gue mau minta sumbangan.

Ini baru urusan senyum dan beramah tamah. Belum melangkah ke good deed yang lebih berarti.

Baru2 gue dateng ke Singapore, kalau naik MRT atau Bus, gue perhatiin gak ada yang ngasih tempat duduk ke elderly people atau perempuan hamil. Rata2 yang kebagian tempat duduk di sekitar mereka memilih untuk pura2 sibuk dengan PDA, baca koran or simply TIDUR.
Pokoknya sebisa mungkin pura2 gak lihat, avoiding eye contact.
Mereka kan gak bisa disalahin kalau mereka 'gak lihat' ada orangtua atau perempuan hamil di depannya? :P

Nah. Dasar gue sok baik. Sekali waktu gue mau ngasih tempat duduk gue ke nenek2 bertongkat di depan gue. Waduh, waktu gue tawarin, si nenek malah kayak marah. Ngibas2in tangan sambil nyerocos dalam bahasa Hokkien yang gue cuma ngerti 5% kali. Hehehehehe
Kayaknya somehow, tawaran gue tuh nyinggung dia. Dibilangnya gue nuduh dia lemah kali. Dan dia merasa masih kuat, tanpa perlu belas kasihan orang.
Pantes banyak yang mendingan gak ngasih tempat duduk. Senior Citizennya pada belagu gini. Hehehehe

Yang bikin ngenes itu soal basa basi lagi nih. Misalnya kita gak sengaja kesenggol orang. Terus gue bilang, "Sorry..."
Trus tuh orang yang disori-in malah ngeliat kita dengan muka lempeng gitu. Kayaknya sorry kita tuh gak ada arti.
Gue kadang mikir ngapain juga ya kita ramahin/basa basi-in/baik2in orang kalau buat orang itu gak ada nilai plusnya sama sekali?

Trus yang lain lagi.
Gue sering nyoba jujur ya. Misalnya kasir di supermarket ngasih gue duit kebanyakan atau ngitungnya kurang. Trus gue balikin deh kelebihannya ke kasir tsb. Yang ada dia kesel karena dia jadi ketauan Supervisornya bahwa dia kerja kagak becus.
Atau satu lagi nih,
Lagi ngantri di tempat antrian yang tanpa nomer, terus dipanggil "Yes Maam? Can I help you?"
Trus karena gue tau orang di sebelah gue dateng duluan, gue nunjuk dia sambil bilang, "He came first."
Nah lho kurang baik apa lagi gue coba?
Tapi tuh orang yang gue kasih maju duluan malah ngelirik gue juga kagak. Boro2 tengkiu.
Hehehehe serba salah yah?

Memang sih gue tau, seharusnya mengerjakan sesuatu yang baik itu jangan pernah pamrih.
Do the good deeds and then walk away dan jangan mengharap balik. Tapi kan..tapi kan..tapi kan...boleh dong minta seulas senyuuuuum aja.
Hehehehe
Tapi dasar gue dari sononya emang udah baek banget *hoek cuih*, kayaknya gue gak akan berhenti mencoba.
Dari 10 orang yang gue baikin, 7 orang membalas kebaikan tsb dan hopefully pay it forward.
Yang 3 lagi?
Semoga Allah SWT memberikan hidayahnya.

***Hmmmppttttthhhhh***

Nah. Sok wise lagi kan gue? Muahahahahahahahahaha

14 Comments:

Blogger Wisa njeplak...

ya ampun.. segitunya ya singapore.. di jkt (paling tidak di sekitar kost-ku) tetangga kalau gak disapa malah ngrumpiin kita atau bisa2 membenci. jadi terpaksa deh tebar senyum sana sini atau sedikit basa basi. padahal aku udah males bener dg cara2 spt ini. pengennya cuek tanpa harus dianggap sombong dsb.. toh sesekali aku tetep baik hati dg membawakan tetangga terdekat oleh2 kalau pulang bepergian.. tuker tempat aja yuk Mel.. :)

9:05 AM  
Blogger pattawari njeplak...

Abisan mau gimana teh? Orang Indonesia pan terkenal banget senyum kalo ada maunya doang..
Biarin aja orang di jalan pada gak balesin senyum teteh. Teteh gak tau kan, kalo orang2 pada senyumin teteh tiap buka blog… cause in many ways, you do bring those smiles into our life.. (*senyum-senyum)

Lagian memang senyum teteh seperti orang minta sumbangan sih…
Hihihihi.. assalamu’alaikuuuummm…

9:22 AM  
Blogger Mel njeplak...

Wisa : gue mau banget tukeran tempat :)
Swear kalau kita dikasih peluang kerja di Indonesia lagi (dengan gaji masuk akal tentunya) kita akan dengan senang hati ninggalin Singapore.
Doain aja deh Wis..dapet gaji 50jt/sebulan, pindah dah kita. *bletaks* :D

Ipe : Makasih calon adik (ipar?) sayang..
Elo bisa aja bikin gue senyum2. :)
Tapi kok kalau banyak yang senyum, kok blog-ku gak pernah kebanjiran komen ya?
Gemes juga nih mikir banyak yang baca tapi pada males komen hehehehe
(padahal kalau pada komen juga kadang guenya yang gak punya waktu buat ngebalesin, maklum ngangon 2 anak hehehe)

12:04 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

neng, cuekin aja, sikat bleh! orang indo emang masih lebih ramah ya. lah, kalo di jakarta yang paling egois aja orang masih MTA n WTK sama urusan orang, terlepas alasannya ya, gimana lagi di daerah lain;)? nggak heran gue diomelin kalo gak negor orang di kampung bokap. lah, gue nggak kenal aja mesti negor, coba!

hayo, taklukkan singapur mel! *apaan seh?!*

3:46 PM  
Blogger Unknown njeplak...

IMO, orang singapore itu ketus2, tidak ramah. beda jauh sama orang jepang. orang jepang memang tidak seramah/sehangat orang indo, tapi mereka polite.

aku 2x mampir ke singapore. dan rasanya nggak pengen kesana lagi..hihihi..
cuma heran banyak sekali orang indo yg belanja ke singapore ya..., padahal pramuniaganya superduper ketus hehe..
mungkin harganya murah kali ya...*bukan org yg suka belanja sih*

9:37 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

errr... yang anonimus itu gue ya, mel. seperti biasa lupa nulis nama.

rio

10:08 AM  
Blogger Mel njeplak...

Rio! Bener banget! Kalau di Dusun, kalau gak negorin bisa jadi bahan omongan 7 turunan!
Coba bayangin gue kalau ke Dusun Abang di Baturaja sana pas lagi musim Duren, tiap rumah nyuruh nyicipin duren, dan yang namanya nyicip itu brarti 1 KEPALA!!
20 rumah yang dilewatin bisa2 20 biji duren.
Balik2 ke rumah panggungnya kakek-nya si Abang, mata gue udah lengket gara2 mabok duren hahahahha

Gila ya ramahnya bangsa kita ;)

1:00 PM  
Blogger Mel njeplak...

Mama : percaya deh. kalau gak gara2 Mea itu takut naek pesawat terbang, dari kemaren2 kita udah nyusulin ke US sana. hehehe
Tapi kalau ngeliat keadaan baru naek pesawat ke Changi-Jkt aja udah keringet dingin..deuh kayaknya masih jauh deh...hiks.

kadang enek banget deh tinggal di sini. tapi da kumaha rejekina ku Gusti dipasihanana di dieu :(

1:03 PM  
Blogger Mel njeplak...

SayBeria :

Bener. Bokap gue dulu beberapa lama di Jepang, katanya orang2 sana sangat polite dan ramah. Bukan cuma dengan foreigner tetapi dengan sesamanya juga.
Beruntunglah dikau Say..:)

Singapore memang lebih murah dibanding Jakarta kalau urusan barang2 Branded, karena taxnya gak sebesar Jakarta. Tapi buat biaya hidup sih masih beberapa kali Jakarta deh.
Dan memang Salespersonnya ampun2an judesnya. Gak ngerti aja kalau orang2 kita masih doyan belanja di sini. Demi murah dan gengsi kali. Hehehhe

1:22 PM  
Blogger Mel njeplak...

Rio : Gue udah tau kok. Yang kata2nya penuh aroma cinta kan cuma elu. *mmppphhttttbuahahhaha*

1:23 PM  
Blogger ben njeplak...

MEL, susah ya jadi orang baik ! kebaikan malah diplototin, kalo cuek, gak enak sendiri. hehehehe...... Tapi, gue suka lho punya tetangga cuek, gak perlu ngurusin gue mo ngapain aja hiihi....... Daripada punya tetangga yang tiap kali lewat gue harus mengumbar senyum, basa basi, bla...bla...bla... huh, reseh !

10:44 AM  
Blogger Mel njeplak...

Ben : Kalau buat gue, at least tuh senyum deh. Gue juga males kalau harus berbasa basi panjang lebar. Tapi senyum mah perlu banget. Apalagi kita yang sudah punya anak, kalau hubungan dengan tetangga gak deket, gak enak. Siapa tau suatu saat kita perlu bantuan mereka, pas anak sakit atau gimana. kalau gak pernah senyum2 amat kan kagok minta tolongnya :))

Jadi mulai saat ini, senyum yaaa..:)
Percaya deh, di Indonesia senyum masih mempan dan ngejukin hati yang liat :)

11:24 AM  
Blogger Mel njeplak...

Iman nu bageur bin lucu :

Ehehehe. Mun tos 2 kali teu dibales mah abdi ge kapok atuh. Kalau maksa senyum terus mah sieuna engke kalahka dituduh nu gelo hahahahaha

Tapi sayah sedang mencoba menularkan budaya senyum ke orang sini. Minimal sekarang saya kalau ada eye contact dengan seseorang yang kelihatan ramah, biar di MRT atau di Mall, saya senyumin.
Kalau dibales, meni nyesss kana hate. Kalau gak dibales..yah..kapaksa bete 5 menit..terus nyoba senyum ama yang lain lagi.

Heh? Gelo meureun urang nya? Hahahahahaha

5:14 PM  
Blogger Rani njeplak...

teh mela...
emang blegug pisan orang singapur teh...
tapi aku baru nulis nih di blogger ku.. http://www.indrani.net/2004/12/singaporean-courtesy.html
soalnya tumben2 ada orang singapur yg baek. Jadi kalo ada yang baek aku langsung tulis di blog, biar gak lupa akan kebaikan mereka.
tapi ya pada umumnya susah banget mengalami perlakuan ramah dan baik dari orang singapur (yang belum kenal, alias stranger). Kalo udah kenal sih ya pada umumnya bae2 aja sih..

10:23 AM  

Post a Comment

<< Home