Wednesday, December 08, 2004

My Mom's Sense Of Humour

I don't know..
Emak gue itu punya hobby ngasih nama2 'aneh' buat anaknya.

Gue, waktu lahir dikasih nama yang sangat 'flower generation' : Karmela Amanda Kamila.
Biasa lah, anak 70'an. Akibat pengaruh lampu disco kali ya, jadi generasi mudanya (Mama ama Bapa punya gue waktu masih 20 dan 24 tahun) ngasih nama anak yang berbau2 barat begitu.

Satu sisi seneng banget punya nama manis didengar. Tapi buat di Singapore sini, nama ini sering bikin orang salah kaprah.

At the hospital ,

Nurse : Karmela Amanda Kamila?? *manggil gue dari tempat Registration*
Gue : Yes????
Nurse : *liat kanan kiri* Karmela Amanda Kamila???*celingak celinguk*
Gue : Yes!!! Me *nunjuk ke dada gue*
Nurse : Oh..You Karmela Amanda Kamila? I thought you are caucasian.
Gue : I am. Don't confuse lah if I looked more like Chinese, my mom ate alot Kung Pao Chicken when she was pregnant with me.
Nurse : *puzzled*
Gue : Joking lah, Auntie!

Heheheheh

Jadi, ceritanya..Mama ngasih nama 'sebagus'' ini hanya untuk diisengin dan diganti suka2nya Mama aja. Soalnya walaupun nama asli gue bagus, Mama memutuskan untuk memanggil gue dengan : MEA

Oh dear.
Bayangin aja humiliation yang harus gue terima semasa SD.
Udah biasa banget gue denger temen2 iseng yang manggil gue "MEONG". Manggilnya bukan dengan fondly lho, tapi dengan nada ngejek.

Susahnya, guru SD gue gak mikir banget sih ya, masa nama MEA itu ditaro di raport. Keterusan sampe sekarang karena ijasah gue semuanya jadi salah. Semua nama gue di ijasah jadi :
MEA KARMELA AMANDA KAMILA.
Ancur bener *sigh*

Dokumen gue yang namanya bener saat ini ya cuma Akta Kelahiran, Passport, dan ID Card. Yang lain salah!
Waktu gue protes pas mau bikin ijasah SMP, gurunya cuma bilang, "Kan nama di Ijasah SD sudah begitu, kalau diubah nanti malah repot kamunya karena gak sama."

Kacau deh.

Tapi sebenernya sih apart dari keselnya gue waktu SD di'meong-meong', gue seneng juga dengan nama panggilan Mea itu. Karena yang manggil Mea itu pasti cuma keluarga atau mantan temen SD, gue jadi bisa membedakan kalau ada orang manggil di jalan, kalau manggil 'Mela' pasti temen, kalau 'Mea' pasti keluarga (temen SD udah entah pada di mana).
Lagian nama Mea kedengeran unik. :)

Adik gue lain lagi.
Nama aslinya Ali Zakaria.
Waktu ngedaftar bikin akta, gue sama bokap sempet mempertimbangkan nama Muhammad Ali Zakaria. Tapi Muhammadnya di-drop karena 'beurat teuing' takut anaknya agak2 nyeleneh..rambut dicat biru, namanya Muhammad..kan gak matching.Hehehehe
Mama waktu itu gak ikut karena masih di RS. Tapi ternyata itu tidak menghentikan kebiasaan Mama untuk menciptakan nama 'suka2' buat anaknya.

Nama panggilan adik gue menjadi : KUKE.
Kadang kalau lagi iseng, malah jadi IKOK, CIKOK, CU, dll
Padahal kita sebelumnya udah setuju manggil dia ARYA.
Keren kan?

Tapi gak ngaruh..sampai saat ini, di keluarga besar, adik gue cuma dipanggil dengan nama Kuke.

Yang lebih aneh, ternyata nama panggilan dia di antara temen2 nambah lagi. Ada yang manggil Eizi (dari AZ initialnya), ada yang manggil normal aja Ali..dan banyak lagi (yang kedengerannya jorok juga ada, aneh).

Fira, anak gue pernah bangga bilang ama temennya (sambil bawa foto Kuke ke sekolah, iseng banget),

"This is my Uncle, isn't he cute???"

"Yeah, he looks so young. What's his name?"

"Kuke. Mang Kuke."

"What kind of name is THAT?"

Fira pas pulang sekolah langsung ngomong ke gue,
"Mak, Nenek itu kok ngasih nama Mang Kuke sih. Lucu amat!"

Nah, ya sudah deh.
My mom's sense of humour emang bener2 deh. :)


5 Comments:

Blogger Mel njeplak...

Tuh kan ..baru deh ketauan alasannya milih nama hehehe
Emang Dea anaknya siapa sih Ma?

Mama ini hobby banget ngasih nama ke anak orang deh kayaknya. Jadi inget Denty yang hampir jadi sepupu hehehe.

Tenang Ma, nama Mea itu sekarang jadi nama kesayangan.
Cuma orang2 tertentu yang boleh manggil Mea :)

11:28 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

MEA (ehem, mea culpa by enigma),

yah, suka nggak suka, namanya nama itu hadiah dari ortu ya mo diapain ya... dibuang kok nggak ngargain, dipiara kadang nyusahin.

TANTE mamanya mel

saya pikir nama bikinan tante keren2 dan unik2 lho;). seenggaknya jauh lebih kreatif dari ortu saya yang dengan teganya cuma kasih nama di akte buat adek saya: RULY. empat huruf, cuman ganti J jadi R secara dia lahir bulan juli, hehe...

rio

4:56 PM  
Blogger Mel njeplak...

Rio : Serious cuma Ruly doang???
Huahahahha hilarious banget deh ortu elo Rio!
Bener deh berarti masih untung gue :)
Ruly kalau ke luar negri pasti sibuk ditanyain Surname-nya ya Yo? Hehehehe

Mama : You're not an ordinary woman Ma..
You're quite extraordinary ;)
Selalu thinking out of the box.
Proud of you Ma...:)

8:58 AM  
Blogger ben njeplak...

Senengnya punya nyokap yang suka ngasih nama "antik" dan bersejarah............
secara gue cuma dikasih nama benny tok ! hiks....

5:53 PM  
Blogger Mel njeplak...

Lah Ben..Benny juga bagus kok :) daripada dikasih nama Dudul? hehehhehehe

Emang ya orang Indonesia itu lucu kalau ngasih nama sering cuma 1 nama thok. Padahal itu bikin susah kalau pas di luar negri.
Gak nerima tuh para westerner kalau dibilang kita gak pake surname. Hehehehe

5:39 PM  

Post a Comment

<< Home