Friday, December 03, 2004

Kemal and I

Minggu kemaren gue tiba2 dapet telepon siang2.

Caller : Hoy!Hoy!Lagi apa loe???
Gue : Sapa neh?
Caller : Gila loe, lupa suara gue??
Gue : Kemal??? Gelo siah. Di mana loe?
Caller : *ngekek* di Changi. Mau ke Vietnam.
Gue : Duh, mau ke Rini ya? Rini didatengin, gue kagak :P
Caller : Ngapain liat2 Singapore, kagak eksotis.
Gue : Jahat loe!
Caller : *ketawa makin keras* Ya udah, ntar balik dr Vietnam gue transit 2 jam-an.Mau ketemu? Elo ke Changi ya.
Gue : Ok. Ntar suruh Rini sms gue aja.

The Caller, Kemal, adalah sahabat gue paling lama.
23 tahun tepatnya.
Rini adalah sahabat dia sekaligus teman seangkatannya, temen gue juga.

Gue kenal Kemal waktu umur 8 tahun kira2, dia 9.
Umur kami beda 1 tahun 1 hari. Gue tanggal 12 Januari, dia tanggal 11.

Waktu itu Kemal baru pulang dari Canada, dan masuk ke SD yang sama dengan gue. Tapi gue kenal dia banget karena rumah kita berhadapan, bukan hanya karena 1 sekolahan.

Kita setiap hari selalu bareng pergi ke sekolah.
Sampai SMP, waktu akhirnya gue ikut bokap-nyokap pindah ke Jakarta/Bandung.

Kita terpisah.

Di Bandung, tahun 90'an, kita reunited karena kita juga ternyata satu Perguruan Tinggi, tapi beda kampus.
Karena beda kampus itulah kita gak bisa ketemu sering2.
And..sad..but the fact is..people change. He changes, I change. Kita udah gak terlalu banyak kesamaan interest. Kemal udah hang out ama temen2nya dan gue juga sudah dengan temen2 gue. Apalagi gue juga akhirnya nikah cepet. Kita gak pernah berhubungan lagi. Walaupun tetap tanya sana sini soal khabar masing2.

Tapi gak tau kenapa, hati mah tetep aja deket.

Terbukti 12 tahun kemudian, waktu hari Rabu kemaren ketemuan sama Kemal, hanya 1 jam, di Changi Airport, rasanya yang 12 tahun itu tidak pernah ada.
Kita ngobrol tanpa ada kecanggungan sama sekali.
Semua mengalir seperti air.
Sama seperti 17 tahun yang lalu waktu gue curhat soal cowok yang gue taksir.
Kita ngakak, becanda, saling ledek, seperti 17 tahun yang lalu.
Seperti tidak pernah ada waktu yang memisahkan kita.

Ketika akhirnya Kemal harus boarding pesawat ke Jakarta, untuk kemudian 1 minggu kemudian berangkat lagi ke Vancouver, Canada, tempat dia tinggal selama 6 tahun terakhir, gue bener2 terharu...
1 jam saja dengan Kemal, bring back all the memories of our childhood. Ketika semuanya masih kita lihat dengan mata dan hati yang naif dan lugu.
Ketika dunia kita masih sempurna.

Gue gak mau nunggu 12 tahun lagi untuk ketemu dengan loe, Mal...
Persahabatan kita terlalu berharga untuk disimpan di laci yang paling belakang dan dikeluarkan once a decade.

Thanks for being my best friend, always.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home