Monday, November 29, 2004

Kasih Ibu

kasih Ibu..kepada beta..
tak terhingga sepanjang masa..
hanya memberi, tak harap kembali..
bagai sang surya menyinari dunia..

Lagu yang sangat simple tapi sangat berarti.

Gue gak bisa kebayang kasih Ibu itu seperti apa sampai gue mengalaminya sendiri.

Gue baru tau, dibantah, dicemberuti dan dicuekin anak itu sakitnya bukan main ya setelah menjadi Ibu.

Gue baru tau beratnya ngurus anak, membimbing dan mendidiknya, ya sekarang ini. Tepatnya 8 tahun terakhir.

Dari waktu mengandung. Mual, muntah, ngidam sendiri, sementara suami kerja sampai sore. Tanpa pembantu. Sampai (maaf), muntahan sendiri juga dipel sendiri. Yaaah jadi muntah lagi.

Kesian amat sih jadi Ibu.

Hari ini gue tiba2 kepikiran nulis begini karena untuk pertama kalinya (mudah2an jangan lagi) Fira dan Adam sakit bersamaan. Panas tinggi sampai 40 derajat celcius. Rewel sepanjang hari (dan malam juga).
Mereka sudah sakit selama 7 hari.
Gue capek. Capek sekali sampai malam tidur juga gak bisa lelap saking exhaustednya.

Bibir Adam rupanya karena panas tingginya jadi merekah, pecah2, dan berdarah2. Tentunya perih sekali karena dia jadi sangat rewel dan lapar (tapi gak mau makan).

Fira sudah lebih baik tapi batuknya gak hilang2..
Sedih deh.

Tadi pagi, waktu gue memeluk mereka (Fira dan Adam pas sakit cuma mau tidur kalau dipeluk gue), gue sempet berpikir,
"Alangkah capeknya jadi seorang Ibu. Nyaris gak tahan gue..badan udah kayak digebugin orang sekampung saking pegelnya"

Tapi pikir2 berapa lama sih mereka bakal sepenuhnya membutuhkan gue?
10 tahun? 15 tahun?

Setau gue, gue umur 11 tahun aja pulang sekolah kok rasanya males banget ketemu Mama yang ngomel mulu (I love you Mom..I know what you've been through), dan memilih untuk berenang di danau dengan teman2 yang lain.
Boro2 inget Mama yang bakal cemas.
Boro2 pengen pulang.

Aduuuhhh..mudah2an gue gak dibales anak2 gue.

Gue nikmati aja sekarang kedekatan dengan anak2 gue seperti ini. Menikmati kerewelan mereka. Menikmati lelahnya jadi seorang Ibu.
10 tahun lagi belum tentu mereka mau aku ciumi. 10 tahun lagi belum tentu mereka ingin dipeluki saat tidur.
Jangan2 mereka malah merasa gerah.
"Apa2an sih Umak..pake peluk2..getek tau..!"

Waktu kutatap mereka dalam tidurnya, gue tau gue siap selelah apapun untuk mereka.
Sebelum waktu gue habis, akan gue gunakan sebaik2nya.


**pagi buta, "I'm sorry kiddo..I'm sorry sometimes I lost my temper and yell at you."
"Umak loves you no matter what, baby.."


5 Comments:

Blogger pattawari njeplak...

kalo punya ibu kayak teteh sih emang bikin pingsan!
hehehe..

ya nggak lah teh.. kasih ibu memang sepanjang masa.. kasih seorang anak pun begitu juga... cuman emang si anak kadang 'gak bisa' nunjukkinnya.. tapi sebagai ibu saya rasa anda sendiri pasti bisa merasakannya.. sampai kapan pun nanti...

salam buat adam sama fira..

12:33 PM  
Blogger Nauval Yazid njeplak...

Mbak Mel, tulisan mbak Mel inilah yang lagi dibutuhin pemerintah Singapore yang lagi getol-getolnya nyuruh warga negaranya bikin anak, hahahahaha ...

Time goes by so fast, mbak.

Meskipun aku ngga akan pernah ngerasain semua perasaan yang dilalui oleh mbak Mel dan miliaran perempuan lainnya, tapi aku ngerti kalo tiap moment tiap detik tiap saat yang kita laluin ama orang-orang yang punya hubungan langsung ama kita tuh akan selalu berbekas, selalu kita bawa sampe kita mati.

Nanti kalo udah gede, Adam dan Fira bisa baca tulisan dan mereka ngerti kalo dibalik ke-psycho-an Emak mereka, mereka punya Emak yang siap buat nyurahin segala kasih sayang yang dia punya, kapan pun itu.

:)

12:47 PM  
Blogger Mel njeplak...

Ipe & Nopal : Pingsan punya Ibu kayak gue, Pe? Gue psycho, Pal?
*sigh*

you both are soooo encouraging.
*neurotic laugh*

1:10 PM  
Blogger pattawari njeplak...

Udaahh.. terima aja napa sih!!

adam & fira.. tabah ya nak...

1:21 PM  
Blogger Wisa njeplak...

Mel.. aku merasakan betapa bapak IBUku menyayangi aku setelah aku kuliah di Sby.. begitulah.. kalau dekat kita suka nakal.. begitu jauh (dan merasakan susahnya hidup sendiri) terasa bener kalau mereka adalah tempat kembali.. sejak itu aku berjanji utk gak menyakiti mereka. kasih sayang mereka tak terbalaskan..

kamu bener soal ciuman.. ponakanku yg 9 th udah gak mau aku cium.. tapi yg kecil (3 th) lagi getol2nya ciuman.. dia aku ajarin ciuman pake bunyi "cepluk" dan dia senang bgt.. bentar2 meluk aku trus cium "cepluk"

4:15 PM  

Post a Comment

<< Home