Wednesday, January 12, 2005

Reminiscing

My birthday.

Setiap gue ulangtahun, gue selalu teringat nyokap. Susahnya waktu hamil gue, ngelahirin gue yang sungsang dan prematur, dengan suami yang masih berstatus mahasiswa.

Gue lahir dengan berat kurang, di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.
Mama berumur 20 tahun, bokap 24 tahun. Seperti layaknya seorang Mahasiswa, tidak punya uang yang memadai untuk membiayai kelahiran anaknya yang dari lahir udah nyeleneh, minta lahir jauh lebih cepat.
Untung, Bokap masih punya kakak laki2 yang juga seorang dokter kandungan yang praktek di RS. Hasan sadikin tsb.

Jadilah gue, lahir di tangan Uwakku sendiri...Uwak Johnny Janaka...

Keadaan gue setelah lahir tidak lebih memudahkan kedua orangtua gue. Gue yang prematur harus minum susu tambahan setelah ASI, nama susunya S-26. Jaman sekarang aja susu merek tersebut muahalnya bukan main, apalagi di tahun 70'an?
Gue gak tau bagaimana Mama dan Bokap bisa survive hanya untuk membelikan gue susu.
Apalagi gue sakit2an lama sekali.
Untuk obat2an, gue bisa hidup dan besar sampai sekarang hasil dari sumbangan obat2an sample yang diberikan oleh Uwak Johnny dari tempat prakteknya.
Akhirnya Bronchitis yang gue idap semasa kecil, bisa hilang juga dalam perawatan beliau.
Kalau tidak ada Uwak Johnny..entah gue hidup entah tidak...

Sayang, sebelum gue sempat berterima kasih..dan sebelum gue cukup besar dan membuatnya bangga, Uwak Johnny meninggal dalam kecelakaan tragis.

Sementara antara gue dan Mama, selama gue teenager, gue bener2 jadi sumber keresahan buat Mama. Gak ada cerita gue dan Mama dikumpulin dalam 1 ruangan selama 2 jam dan tidak berantem. Kita seperti anjing dan kucing.
Sampai gue menikah, baru sepertinya ketegangan kita lambat laun menyusut dan kita malah jadi seperti teman.

Gue gak ngerti darimana tenaga dan kekuatan Mama untuk bisa berhadapan dengan gue, dealing dengan kekeraskepalaan gue dan kenyelenehan gue selama bertahun2.
Salut Ma!

Today is my birthday, and all that I want for now is not an expensive present.
All I want is just to be with you Mom :(

And for you Uwak Johnny in heaven..hug and kisses....Till we meet again...someday..

13 Comments:

Anonymous Anonymous njeplak...

[hany] mudah2an segala doa kebaikan untuk ibu-bapak kita. orang2 pertama yang kita bikin susah dan masih kita bikin susah sampe kita sendiri [padahal] udah punya anak. mudah2an Allah memudahkan segala urusan ibu-bapak kita.

6:41 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

M esti gak yah? buat berubah? kalo..
E mang dengan jadi diri ndiri yg sekarang..
T lah berikan banyak bahagia buat sesama?

U ntuk apa menjadi orang lain? kalo...
L antas kita ngrasa gak nyaman karenanya?
T oh, dengan sifat yg org punya pun, bukan..
A rtinya kita belum menjadi baik
H adapi saja hari2...dengan hati bersih

T erima semua pernik hidup..
E pisode demi episode yg akan dan sedang kita jalani
H anya dengan satu keyakinan..bahwa..

M atahari saja tak pernah berubah...
E sok, maupun lusa, tetap hadir, sama seperti hari ini
L akukan saja yg terbaik, sepanjang yg kita mampu....


^Met Ultah....senang bisa ikut ngucapin, walau ada bau2 gombalnya :D^ piss, mo3nk

7:58 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

mo3nk:

sowwwii,..koment di atas benernya cucok bo buat "another blue story" ya?
gyahahahaha...
ah yg penting teteuppp sama2 abt Ultah, ye kagak teh?
ugh,..dah berpuitis2 gitu, malah salah naro...
udah ahhh,..ngumped dulu seminggu,...mpe ilang merahnya mukakuh...uhuk...

8:03 PM  
Blogger Wisa njeplak...

duh mengharukan.. jadi ngebayangin kamu waktu masih baby spt apa ya Mel? pasti nggemesin deh.. :)

9:13 AM  
Blogger ben njeplak...

MEL, met lang taon ya.......
Duh, masa kecilmu itu lho......;)

9:41 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

hiks... pagi2 lo udah bikingue berkaca-kaca bo. nyokap gue juga ngalamin kesulitan waktu ngelahirin gue, kepala gue gede banget katanya, dan sakitnya luar biasa. dan gue gede jadi anak yang gede kepala karena berani ngebantah nyokap dan arguing sama dia. thanx GOD my mom is a democratic and somehow much more liberal than most mothers at her age, kalo nggak, gue mungkin udah lama diusir sangking kerasnya ngelawan.

just like u mel, my mom and i are the best of friends now. kalo dia susah, ngerumpinya malah ama gue dan bukan kakak gue yang cewek satu2nya. termasuk kalo dia lagi bete ama bokap, hehe....

to all mothers in the world, salut! that inludes you, bithday mom;).

2:11 PM  
Blogger Mel njeplak...

Hany : Amien Han..Memang gue juga ngerasa sampe sekarang masih aja nyusahin Mama :(

3:34 PM  
Blogger Mel njeplak...

Mung : Hehehehe gapapa, sama kan temanya ultah? ;)
Gak usah tersipu2 gitu ah. *cowel2 Mung*

Makasih ya itu kata2 encouragementnya bener2 berarti buat gue. Gue juga gak pengen jadi orang lain sebisa mungkin, Mung. Si Abang juga udah tau borok2nya gue dari jaman pacaran kan? Jadi yah tinggal bertabah diri aja ya punya bini kayak gue. Huhuhuhu

3:37 PM  
Blogger Mel njeplak...

Mama : Bener Ma 10 pasang sendal tiap bulan?
Huhuhuhu parah banget ya.
Sampai sekarang emang betah banget nyeker nih Ma, sampai kaki kayak orang lagi ngelambai2 gitu saking jebrag-nya. Huahahahah

Entar kalau Mama ke Singapore,Mea beliin 20 sendal yah!
:)
*hugs Mama*

3:40 PM  
Blogger Mel njeplak...

Wisa : Sayang sekali gue gak punya foto gue masih baby, karena semua ada di rumah di Jakarta :(
Jadi gue gak bisa membuktikan bahwa gue ini(dulunya) super cute.

Tapi suatu saat kalau gue habis mudik ke Indonesia, gue ambil dan gue post di sini deh ;)

3:42 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

btw, tadi yang anonim itu gue. duh banyak salah2 ketik pula, bete.

rio

3:42 PM  
Blogger Mel njeplak...

Ben : Makasih Ben :)
Masa kecil gue pokoknya heboh deh. Pernah waktu gue umur 4 atau 5 tahun, gue menolak untuk pulang ke rumah dari sekolah. yang ada tukang becak langganan yang jemput gue kebingunan mau bilang apa ke Mama.
Gue mintanya diantar ke rumah temen Mama yang sehari sebelumnya gue diajak ke sana. Mungkin kemarennya itu gue belum puas maen hahahahaha
Mama udah ketakutan aja gue diculik.
Terus akhirnya tukang becaknya bilang ke Mama dan gue dijemput Mama yang cemas bukan main.
Bukannya merasa bersalah, gue malah tenang2 aja waktu Mama dateng nyari gue yang lagi asik numpang makan di rumah orang. wakakakakaka.

3:45 PM  
Blogger Mel njeplak...

Eh anonymous ini Rio bukan sih? Atau Cay? Atau Alien?
Hehehehe
Abis kepalanya gede, jadi gue kira Alien.

Yah rupanya bukan gue aja yang bikin susah nyokap waktu remaja. Nih anak gue juga udah mulai bikin sebel gue padahal masih pre-teen. *sigh*

Doain gue bisa ngelewatin masa2 remaja anak gue and stay sane ya..
Kalau gue jadi nyokap gue mungkin gue udah jadi neurotic deh . (sekarang juga udah) :P

3:48 PM  

Post a Comment

<< Home