Wednesday, January 12, 2005

Another Blue Post

Pulang dari gym jam 12.30 tadi. Dengan backpack di punggung, chilli dog di tangan kanan hasil nyimpang ke 7-11 gara2 gue kelaperan abis belum sarapan2 acan, botol Aqua di tangan kiri, nangkring di halte Bus di East Avenue. Bus 173 amitabachan banget lamanya!

Gue harus mengingatkan diri gue beberapa kali kalau gue hari ini Ulangtahun.
Kenapa Ulangtahun itu seperti mulai berkurang jauh nilainya pada saat kita mulai berumur 25?
Gampang! Mungkin karena kita takut tua.
Loe kagak?
Ya su. Gue sih terus terang takut tua.
Apalagi si Abang dengan gak sopannya bilang, "Weh, elo udah mau expire neh. Boleh gak gue cari bini muda?"
Belum selesai napasnya abis nanya begitu, sodet buat masak udah mampir di perutnya.
Hayo aja kalau berani!

Yah..bukan takut tua sebenarnya, kalau gue sih kepikirnya..semakin tua gue, semakin harus ugrade diri-lah gue.
Kalau gue gak upgrade2 aja, bisa2 pas gue umur 40 tahun, kelakuan gue masih gokil kayak gini, apa gak bikin orang ayan liatnya?
Tapi gue maleeees banget mau upgrade diri, jadi jaim misalnya. Oh tolong!

Btw...balik lagi ke halte bus tadi..
Gue ngunyah chilli dog dengan hati berbunga2. Tadi di gym gue udah pake treadmill 30 menit. Plus segala macem crunch dan ngangkat2 dumbel, bolehlah dapet nguras 500 kalori-an. (kali!) jadi 1 chilli dog, supposed to be gak ngaruh (maunya).

Tiba2 mata gue tertumbuk ke bapak2 di sebelah gue. Gak tua, kalau dari wajahnya mungkin antara 36-40. Entah ya kalau dia ternyata lebih muda tapi cobaan hidupnya banyak, sehingga guratan keras di wajahnya terpatri jelas.
Wajahnya bukan wajah arogan dan robotic Singaporean.
Matanya kuyu dan sedih. Dia mungkin orang Indonesia kalau melihat facial featurenya.
Di bawah kakinya ada kantong plastik berisi kira2 15 botol yang bentuknya mirip botol syrup ABC.
Hati gue tergerak untuk bertanya, langsung gue 'tembak dalam Bahasa Indonesia :

+ Itu apa Pak? * gue nunjuk ke botol2 di dalam kantong plastik di depannya*

* Oooohh...Madu...

+Bapak dari mana? Saya asalnya dari Jakarta. Bapak dari Indonesia juga kan?

* Iya Dek...saya dari PekanBaru. Naik kapal dulu ke Batam, terus nyebrang ke sini.

+ Madunya berapaan Pak?

* $10 satu botol , Dek...

+ Wah hehehe saya kira $10 dapet 3
Laku madunya Pak?

* Dari kemaren belum laku 1 pun, Dek...

+ Belum laku??? (gue nahan gumpalan di tenggorokan)

*Belum...saya sudah 4 hari di sini. Baru laku 2 botol.

+ Aduh, Bis saya datang. Bapak naik Bis nomer berapa?

* Bukan naik yang ini, Dek. Saya ke lain arah.

+ Ok deh Pak. Tinggal dulu ya Pak..Mudah2an habis ya jualannya...

* Terima Kasih Dek atas doanya..anak2 saya di Riau ada 4, semua nunggu hasil jualan ini.

+ *speechless*


Gue gak tau harus ngomong apa. Jam sudah menunjukkan 12.46 dan jam 1 Adam sudah harus dijemput. Kalau saja gue gak buru2 ngejar bis no 173 yang datang tiap 15 menit sekali mungkin sudah gue beli 1 botol madunya Bapak itu.
Kalau perlu 2 botol. 3 malah!

Dari dalam bis gue lihat wajahnya tidak sesedih tadi, mungkin agak naik semangatnya karena teringat ke 4 anaknya yang menunggu sang Bapak kembali dari Singapore membawa uang hasil berjualan madu tsb.
Mungkin wajah anak2nya yang terbayang membuat spiritnya untuk mencari uang kembali lagi.

Sepanjang perjalanan gue cuma bisa menahan malu.

Kenapa gue kadang suka merasa tidak puas dengan hidup gue?
Padahal orang yang jauh lebih tidak beruntung itu banyak.
Gue bisa menghabiskan $30 satu jam nangkring di Starbucks. $30 yang pasti berarti much much more to that man.

Sepanjang perjalanan, gue cuma berharap doa gue lolos seleksi untuk didengar Tuhan.
"Tuhan, tolong bantu supaya semua botol madu itu laku dijual....please God..this is not for me..this is for that man's children...please super please..."


5 Comments:

Anonymous Anonymous njeplak...

[hany] amin. moga2 Allah denger doa2 tadi. moga2 madunya laku semua ya, Pak. met ultah lagi, mel. hmmm, emang sapa yang bisa tahan ma si abang sih, selain elo.. ha...ha...ha... pasti deh, elo adalah the best buat abang.

6:39 PM  
Blogger Nauval Yazid njeplak...

Teh Mela,
dalem ati gue janji diem-diem mulai manggil elo properly dengan 'teh Mela' instead of Megaloman deh ya, dan gue terharu biru membaca tulisan ini, haduuhhh!
Jadi inget ama mbak Sri, pembantu tetangga dulu di Regent Heights yang juga kudu ngidupin keluarganya di Sleman, Jogja sana, yang kudu survive dengan *gulp* $20/bulan dari majikan!
Tapi tetep Teh, this is your birthday gituh, kaya gini malah bikin lebih bersyukur that you have a life complete with lunatic husband and crazy children that you can be thankful for ... :)

12:33 AM  
Blogger Mel njeplak...

Hany : Iya Han...kalau elo lihat si bapak itu, elo juga pasti gak tahan pengen beli biar 1. Wajahnya melas.

Eh,btw.. tenang aja..si Abang dah gue gebug pake sodet terus mingkem dia hahahaha

4:02 PM  
Blogger Mel njeplak...

Nopal : Akhirnya dikau tobat juga, Nak! *pat Nopal's back*
Emang elo tuh tega banget manggil gue Megaloman. Tsk.
Tinggal nunggu si Ipe insyaf neh. *snort*

Pal...Mbak Sri yang loe ceritain..kok bisa2nya gajinya cuma $20 sih? Bukannya at least $230?
Details please. *penasaran*

4:05 PM  
Blogger Mel njeplak...

Mama : Hehehehe emang Mimi tuh parah banget. Sampe ibaratnya ngutang ke orang lain pun ok kalau buat nolongin orang yang pikarunyaeun :))

Mea juga dulu pernah setengah mati ditahan Abang karena mau ngeborong jualan White Board-nya aki2 yang jualan keliling. Abis gak tega! Siapa coba yang mau beli white board jam 9 malem?

Huhuhuhu kalau bisa sih semua orang kita tolong ya kalau emang masih sanggup :(

4:11 PM  

Post a Comment

<< Home