Tuesday, September 20, 2005

Takut Terbang

Besok saya pulang ke Bandung.

Besok saya naik pesawat.

2 kalimat yang menimbulkan 2 perasaan yang jauh berbeda bagi saya.

Kalimat pertama membuat saya bahagia, kalimat kedua membuat saya ingin memasukkan kepala saya ke dalam pasir, dan sembunyi.

Sumpah, saya sangat takut terbang!

Dan phobia ini sesungguhnya baru muncul ketika saya sudah punya suami dan anak.

Duluuu sekali, saya sangat suka terbang, apalagi naik Twin Otter.
Pesawat kecil milik perusahaan tempat Bapak bekerja, yang biasa saya naiki selama 2 jam perjalanan dari dan ke Ujung Pandang.
Pilot2nya pun kebanyakan masih teman Bapak atau tetangga kami di kompleks perusahaan tersebut. Ada Oom Jack Mawuntu bapaknya Toar, Oom Eka bapaknya Dewan, pokoknya apa coba yang lebih menyenangkan daripada perjalanan naik pesawat kecil bermuatan max 18 orang yang disetiri Bapaknya kawan bermain kita sendiri?

Itu dulu.

Saya sekarang sangat phobia terbang dan sudah mimpi buruk bin keringat dingin baru membayangkan bakal naik pesawat saja.

Satu hari sebelum keberangkatan, pasti sudah gelisah.
Waktu berangkat ke Airport, sudah pengen nangis.
Dan pada saat berjalan di belalai menuju pesawat, adrenalin sudah tinggi sekali.

Begitu seatbealt dipasang, saya sudah pasrah.

Saya berdoa (padahal sehari2 suka gak inget), meminta kepada Allah SWT supaya beliau berbaik hati dan mengiringi perjalanan kami hingga selamat sampai ke rumah lagi nanti.
Minta kepada-Nya untuk melindungi (terutama) anak2 saya dan suami saya.
Saya nyaris tidak ingat berdoa untuk diri sendiri, tapi yang penting anak2 dan suami dan orang2 yang saya sayangi selamat.

Mungkin inilah yang terjadi kalau manusia sudah mulai dewasa, mengerti resiko, dan dikombinasikan dengan sifat paranoia dan phobia disuruh naik pesawat bawa anak2 dan kelaurganya. Imajinasi liar kemana2. Bikin takut diri sendiri.

Tapi mau ngomong apa coba?

Dulu waktu kecil, sampai remaja, saya selalu berpikir bahwa yang disediakan di kolong kursi kita itu adalah parasut, bukan pelampung.
Lugu banget ya? (atau cuek)

Waktu akhirnya saya sadar bahwa itu adalah pelampung, hati saya protes.
"Lha, memangnya ini perahu?"

Mulai saat itulah, saya berubah pikiran.
Yang biasanya waktu kecil sangat menikmati naik pesawat bahkan di dalam cuaca buruk waktu naik Twin Otter, sekarang saya gemetar di dalam pesawat Boeing 737 bahkan dalam cuaca terang benderang.

Yang biasanya dulu saya tertawa2 dengan adik saya di dalam pesawat (Bapak dan Mama saya ingat suka juga duduk agak terpisah dari kami), sekarang jadi diam, tegang, dan terus menerus memegang tangan suami.

Terakhir saya pulang ke Jakarta, di dalam pesawat yang agak berguncang, saya mohon supaya suami saya memukul tengkuk saya :

Saya : "Bang...takut!"

Suami: "Idih, malu dong sama anak2.." *nyengir*

Saya : "Sumpah takut!!!" "Pukul aja tengkuk gue biar pingsan deh! "

Suami: "Lah, udah sama kayak Mr.T aja sih loe!"

Saya : "Bodo, yang penting gue kagak usah bangun sampe nyampe ke Cengkareng."

Suami: *lihat kanan kiri* "Pura2 gak kenal aaah.."


Duh..
takut bener nih ngadepin besok.
Doain saya dan keluarga selamat dan baik2 saja di perjalanan ya..
Please..

11 Comments:

Anonymous Anonymous njeplak...

Amin. Moga2 perjalanannya lancar, Mel. Moga2 rasa takutnya bisa diatasi dengan cara... apa yah? Hmmm.. gue jg nggak punya saran. Tapi kalo masih tetep takut, pasrah n berdoa aja. InsyaAllah bisa tenang.

1:32 PM  
Blogger Rani njeplak...

aduh bener banget. sejak punya anak suami jadi timbul perasaan takut terbang. utamanya karena mengkhawatirkan keselamatan anak dan suami, bukan diri sendiri. padahal dulu waktu masih jomblo ngga ngerasa gitu.

4:31 PM  
Blogger Ellen Widyasari njeplak...

insyaAllah selamat kembali dan pulang,mel..

pergi tampak pamit..
pulang tampak batagor..:)

5:52 PM  
Blogger ambaradventure njeplak...

aku juga tetep takut terbang...biasanya diajakin cerita yang ngga mutu sama suami. Pokoknya bisa lupain takut itu. Susahnya klo pergi sendiri ...pada sapa aku bersandar hu..hu..hu

10:28 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

Lah..ni anak ada2 aja..takut terbang ? wew...Memalukan ah..

Padahal ajal kita sudah ditentukan ALLAH..bisa lagi terbang naik Boeing 757 ..747 whatever..bisa lagi naik bajay..atau lagi naik sepeda .mungkin juga lagi duduk 2 di teras ke samber geluduk..

Masih kerenan mati di pesawat terbang atuh dibandingin lagi naik metro mini mah..

Deeuuuh..ni anak..

Serahkan semua kepada Penguasa Jagat Raya..atuh..kita jadi tinggal tidur enak..

Yang mati duluan kita atau anak kita apa suami kitapun tidak tahu..bisa malah anak duluan dari ortu..

Tapi doa mah jelas perlu..bukan hanya saat naik pesawat yang kita takuti..atau lagi naik MRT..aja..tapi emang doa mah sebaiknya dilakukan any time..terutama setelah sholat wajib...supaya dalam segala hal kita PEDE..termasuk naik pesawat..

Gitu aja dah dulu..

Take care deh..met jalan ke Indonesia buat semuanya..dan buat Kuke..Congratulations on your graduation day..

Mama

3:03 PM  
Blogger eChie njeplak...

Mudah2an lancar teh Mela, pesawatnya kalem :-). Ada temen nih, saya juga setiap naik pesawat suka aja ada perasaan takut, paling baca2 Al Fatihah, Al Ikhlas, dan doa dari mamah: Bismillahi Tawakaltu Allawlahi (gitu deh pronouncenya), berlindung pada Allah dan bertawakal, CMIWW ya kalo ada bu ustadzah baca ini :-)

4:36 PM  
Blogger guario njeplak...

gue termasuk yang nggak cinta naek pesawat. cuma kalo gue sih bukan karena takut kenapa-napa, itu dkit hehe...., tapi secara gue sinus abadi, yang namanya take off ma landing itu nyiksa gue banget. kuping sakit gue bo.

aman sentosa deh lo yaaaa....

kapan mampir ke jakarta???

3:33 PM  
Anonymous Anonymous njeplak...

jangan2 waktu febi nulis komen ini, teteh udah nyampe singapore. but, dimanapun, fii amanillah ya teh..

---umminya nida--

1:12 AM  
Anonymous Anonymous njeplak...

agusitem
www.agusitem.blogdrive.com

mbak mel .. makanya ya , aku kalo pergi naik pesawat selalu minum antimo dulu ... supaya begitu duduk langsung sukses molor ... aku punya ketakutan yang berlebihan dengan pesawat soalnya mbak ...

7:21 PM  
Blogger lialialialialia njeplak...

heuheu suaminya lucu ya mba.. bukannya ngedukung malah ledekin

3:31 PM  
Blogger hera njeplak...

Halo Mela, gue temennya baby, dan rani juga. Kan katanya jangan cuma mampir tapi say something, so here I am! :)

6:05 PM  

Post a Comment

<< Home