Thursday, October 28, 2004

Blogging ain't easy!

Apa sebenarnya maksud seseorang membuat Web Log? Untuk share apa yang ada dalam pikirannya? Untuk show off? Untuk sekedar mencari tempat hang out di dalam cyberworld? (ehe, why don't you try Message Board then?)

Gue ngeblog dari tahun 2002 akhir, berarti hampir 2 tahun. Blog gue sebelumnya terlalu private dan gak berani gue publish. Itu bener2 murni online diary.
Baru tahun ini gue beraniin bikin blog yang gue publish. Baru 2 bulan belakangan tepatnya.

Tapi gue jadi bingung, sebenernya gue bikin blog buat siapa sih?

Buat gue atau buat readers? ;)

Gue merasa apa yang gue tulis, bukan buat gue sendiri, bukan buat jadi reminder buat gue, tapi sudah menjadi entertainment.
Dari yang sekilas gue baca di beberapa blog yang lain, gue tau bahwa bloggers merasa bersalah kalau tidak bisa menyuguhi bacaan yang menghibur bagi pembacanya.
Lah, sampai ada yang minta maaf karena sudah lama tidak meng-update blognya, atau karena entry sebelumnya dia nilai dull.
Kok bisa gitu ya?
Apakah blog ini sebenarnya bisa berbalik dari pelepas stress menjadi burden??

Gue gak begitu sering blog hopping alias baca2 blog orang karena terus terang aja gue takut banget 'terinspirasi' gaya mereka yang dinilai 'blogger sukses' dan akhirnya melakukan/menulis sesuatu yang similar. Gue gak sanggup dinilai plagiator.
Gue bahkan malu sama diri sendiri kalau gue sadar bahwa gue melakukan/menulis sesuatu yang terinspirasi gaya blogger lain.

I don't wanna be someone else. I wanna be myself.

Tapi apakah benar2 ada yang namanya originality itu?

Gue lihat, segala sesuatu itu biasanya ada karena terinspirasi sesuatu yang sudah ada sebelumnya.
Band2 yang bermunculan sekarang mengikuti gaya yang sedang trend di dunia musik saat ini. Bahkan gaya menyanyinya pun dibikin plek sama persis dengan idolanya.

Been there, done that.
Gue dulu pengen banget kayak Celine Dion *shudders*
Justin Timberlake secara gak sengaja (?)bikin video klip yang mirip banget dengan gaya Michael Jackson tahun 80'an. (Like I love You)
Dan gue inget ada satu peserta Star Seach di Amerika yang diledek habis2an oleh juri2nya karena melakukan gerakan tangan yang sama persis dengan gaya Mariah Carey waktu sedang meraih nada2 tinggi.

Jadi. Di manakah originality?
Gak usah dijawab ah, gue ntar nyari sendiri. Hehehe

So..hmmm..gue sekarang setiap hari selalu merasa ada tuntutan untuk menulis sesuatu yang menarik untuk pembaca blog gue. Baik itu temen2 gue maupun stranger yang ujug ujug stumble gak sengaja nyampe ke blog gue setelah iseng ngklik dari komen gue di blog lain atau
kebetulan lagi kepencet tulisan Next Blog di sudut kanan atas.

Sampai saat ini gue nilai perasaan itu banyak positifnya.
Gue merasa bertambah satu lagi alasan hidup gue.
Mungkin menjadi blogger non komersial seperti gue ini tidak menghasilkan materi apa2.
Tapi minimal dia menjadikan hidup gue lebih punya arti.
Karena, setidaknya, gue tau...pembaca gue menunggu gue muncul dengan tulisan2 nyeleneh (yang entah bermutu atau tidak) berikutnya. :)

Itu berarti kalau gue sakit karena gak bisa nulis atau gak bisa update, someone, somewhere, will care enough to ask me how am I doing...

Love you guys.

Mel

3 Comments:

Blogger L. Pralangga njeplak...

Blogging, I found is not only putting the blaah..blaah..blaah of your thoughts on to the web, but more like an art of expressing your mind and heart and hsare them with people that you care and love, and likewise..it takes an open heart and mind.. however, presistence and consistencies in voicing them out also count..

For me it helps to understand others better by reading through what was lying beneath their thoughts, there are joy, despair and hope..., Ihope to see you fine-tuned, and fired-up in expressing your minds...

Regards from Monrovia..:)

7:46 PM  
Blogger Mel njeplak...

Kang Lui, Mama..thanks buat encouragementnya..
Insya Allah lah..menulis pan latihan juga yah? Makanya biasanya suatu blog di entry2 terakhirnya isinya lebih bagus daripada post2 pertamanya. Karena sudah bisa menemukan 'gaya' yang pas untuk mengungkapkan pikirannya. Kalau Novel mah..eukh kayaknya masih jauh dari selesai. Gak ada waktu pisan.

Ma, atuh Ma..nyadar atuh anaknya udah 30 tahun lebih. Masa kudu maksa keneh jadi penyanyi?:))
Udah lewat masa expiry datenya nih Ma.
Puas aja deh jadi Wedding Singer aja :))
Doain aja Ma, kalau anak2 udah bisa ditinggal, Mea akan menemukan diri Mea lagi, but as long as the kids masih membutuhkan full attention..harus dipending dulu Ma.

Kang Luigi, salam juga ah dari Singapore ;)
hehehe

8:56 AM  
Blogger pattawari njeplak...

SELAMAT!!!... teteh baru aja menguburkan hasrat gua untuk bikin blog... belum apa2 gua udah kesindir nih..

.... originalitas

teh, JUSTRU gua ikut2an posting gara2 terinspirasi blog-nya teteh.. teteh inget lah teh reaksi gua pertama kali waktu baca blog teteh.. selintas jadi pengen nulis juga, kebetulan sejak SD udah seneng baca Sidney Sheldon versi bahasa inggris...(gak mungkin kan??!)

anyway, abis baca tulisan teteh yang ini, sekarang timbul kekhawatiran gua kalo gaya nulis gua bakal terinspirasi gaya penulisan teteh.. emang kayaknya hina banget ya bikin sesuatu yang "kayaknya ikut2an" gaya orang banget, dan jujur aja gua sendiri benci kayak gitu.. sama bencinya gua ngeliat orang2 yang terinspirasi "sukses"nya goyang ngebor a la Inul daratista... gua sendiri kagum ama inul, goyangnya orisinil.. tapi coba liat pengikut2nya yang... yaah gitulah, nyoba ngikut2 bikin goyang2 yang lain. dan masing2 pada ngotot menggembar-gemborkan tingkat orisinalitas goyangnya masing2.. padahal kalo diliat2 goyangnya ya gitu2 aja, serupa tapi tak sama..

tarolah annisa bahar... menurut gua goyang patah2nya gak ada bagus2nya.. mirip gaya nyokap gua kalo encoknya lagi kumat..
belum lagi si sapa tuh- uut?- yang melabelkan diri dengan goyang ngecor... kaki kiri diangkat, taro di dengkul... tangan ke atas.. yak, muteeer..!!! what was she tinking?!!!

nama2 yang lain juga kadang bikin gua mengalami pendarahan otak!!! muncul nama2 goyang yang lainnya.. goyang pinggul, goyang ngebut (?), goyang kocok-kocok (?!).. sampai goyang vibrator (?!!!!)

gua ngelantur kemana sih...

intinya gua minta maap kalo ternyata blog gua (itu juga kalo jadi!!!) ternyata "pengaruh teteh" begitu besar di hati.. hehehe... itu kan tandanya gua kagum banget teh ama teteh... hehehe (ngeless!!!)

3:21 PM  

Post a Comment

<< Home