Saturday, October 02, 2004

Children's Day

Yesterday was Children's Day...

And I thought it was today..(what a good mother) :))
To be honest with you guys, gue gak pernah inget apa saja bulan yang berakhir tanggal 30 atau tanggal 31.
Gak ngaruh banyak buat gue..kecuali kalau lagi tight budget banget sehingga gue nunggu2 gajian..heheheh

Yesterday Shafira asked me if I bought something for her, a gift.
I didn't. I forgot..

Mungkin gue memang bukan ibu yang manjain anaknya dengan gift...itu prinsip gue sih..
tapi kok gue ada a hint rasa guilty ya?

Lalu Shafira dan gue ngobrol panjang soal macem2...
Kadang2 gue suka gak nyadar kalau anak gue itu udah gede..she's actually 8 going on 18...
pemikirannya kadang jauh, imajinatif dan mature..

Then suddenly she said, "Mak...I'll buy you a ring someday..."
Gue tadinya cuma berpikir itu hanya kata2 iseng aja, and then she continued, "I want to buy you a ring cause you sold your wedding ring when I was a baby to buy me some milk..."

God!
She still remember that story I told her long time ago???

Gue nangis...I held her close, I kissed her...
What did I do to be blessed by a daughter as sweet as her????
(well, she could be a pain in the ass at times, but skip that part now..I want to be sentimental for now, mind you?)

Hmmmhhhh...gue jadi inget Cikampek.
Jadi inget masa2 penganten baru..first time mommy...gaji super ngepas.
Punya bayi yang tidak puas minum ASI sehingga harus beli susu kaleng..sementara gaji Management Trainee sangat tidak memadai. Rp. 500.0000 saja tahun 1996. Just nice to eat for two person. But can't afford a baby...a very hungry baby...

Waktu itu tanggal tua..habis bulan... Fira not even 1 month old...
I was penniless. Broke. Bankrupt.
Biaya melahirkan bener2 nguras kantong...
Jangan harap abang mau terima bantuan dari bokap...
Susu Fira habis...
We're doomed!!!! (or so I thought)
Then tiba2 waktu gue lagi mikir dari mana lagi bisa punya uang untuk beli susu Fira, gue lihat jari manis gue..
Cincin emas 5 gram.
My wedding ring, still look like new..(of course, we're not even yet celebrate our 1st anniversary at that time).

Tweng weng weng weng weng....*idea*

Gue langsung bungkus Fira pakai selimut bayi dan nyegat becak di depan rumah.
Sampai terminal Cikampek gue nyari becak,
"Mang..Pagadean Mang..." (Pegadaian for you who don't understand sundanese :P)
"Mangga Neng..eh eta orok na sabaraha sasih..alit keneh geuning tos diajak kamana2 bebecaan..?"
(Silahkan Neng..eh itu bayinya berapa bulan, masih kecil kok udah diajak kemana2 pake becak?)
"Ah..teu sawios2 Mang..aya perlu pisan..."
(Gak apa2 lah Mang, ada perlu banget)
"Eh si Eneng mah, teu acan 40 dinten mah tong dibawa kamana2 heula atuuhh."
(yeee si eneng, kalau belum 40 hari jangan dobawa kemana2 dong)

Gue cuma manyun sambil mikir dapet berapa ya gue ngegadai cincin 5 gram?

Sampai pegadaian, ternyata gue gak bisa gadai tuh cincin...karena GUE GAK PUNYA KTP CIKAMPEK!! (shit happens)

"Mang..urang balik deui ka Terminal Mang...bade ka bumi rerencangan abdi nambut KTP kanggo ngagade..ieu ditolak da abdi teu gaduh KTP dieu"
(Mang..balik lagi ke terminal mau ke rumah temen minjem KTP buat ngegadai, ini ditolak soalnya saya gak punya KTP sini)

Sampai rumah si Eneng, anak ibu kost si abang waktu pertama dateng ke Cikampek..
"Neng..tulungan euy..rek ngagade cincin keur meuli susu, tapi teu boga KTP.."
"Baturan urang ka pagadean nya?"
(Neng, tolong dong..mau ngegadai cincin buat beli susu tapi gak punya KTP, temenin gue ke pegadaian ya)

Kita berdua (bertiga dengan Fira di gendongan) naik becak ke Pegadaian lagi.
Cincin bisa digadai dengan harga kurang dari Rp.150.000.

Tukang becak kayaknya penasaran..
"Neng, kunaon matak ngagade cincin kawin?"
(Neng, kenapa kok ngegadai cincin kawin?)
Si Mang becak ini rupanya dari tadi nguping...huhuhu

"Kanggo meser susu Mang..karunya si orok..abdi artosna seep kanggo ngababarkeun, dioperasi sih..awis.."
(Buat beli susu Mang, kasian bayi saya, uang saya habis buat ngelahirin, dioperasi sih..mahal..)

Sampai ke rumah Eneng..
"Mang, sabaraha atuh kanggo Beca na??"
(Mang, berapa ongkok becaknya?" )

Si Mang Becak ngelihat gue, ngelihat Fira...
"Sawios lah Neng...teu kedah...kanggo susu Neng Alit wae"
(Sudah deh Neng, gak usah..buat susu Neng kecil saja..)

Gue cuma bisa tertegun...
Si Mang Becak tersenyum sambil bilang, "Abdi ge terang kumaha rasana gaduh budak orok..untung bararudak ayeuna mah tos ageung..teu kedah dipangmeserkeun susu deui"
(Saya juga tau gimana rasanya punya bayi, untung anak2 saya sekarang sudah gede, gak usah dibelikan susu lagi)

Gue cuma bisa bilang terima kasih...sambil memegang erat2 dompet gue yang berisi Rp. 150.000..
Uang susu anak gue..
Cincin kawin gue...

Makasih Mang Becak..I owe you big time...

Di setiap langkah kaki dan tertawa Fira...di situ ada budimu..ada pahalamu...

*fira is now fighting with Adam over some chocolate in the kitchen*

Happy Children's Day!!!

2 Comments:

Blogger Hany njeplak...

really broke my defense. shed my tears along the story. if only i knew you back then.

6:43 PM  
Blogger Mel njeplak...

Weh Han..kalau gue kenal elo dari dulu2, loe pasti mau minjemin duit kan? :)
Sayang ya...bener..
Kan jadi cincin kawin gue gak perlu 'terbang' :D

2:11 PM  

Post a Comment

<< Home